Bagi yang Ingin Pelihara Landak Mini, Yuk Kenali Lebih Dekat..

Landak mini yaitu satu diantara hewan peliharaan yang saat ini mulai disukai. Memiliki bentuk yang kecil, imut dengan ciri khas berduri bikin beberapa orang menginginkan pelihara landak mini. Landak mini datang dari keluarga Erinaceinae. Sekurang-kurangnya ada 16 spesies landak mini dalam 5 genus yang dapat diketemukan di Eropa, Asia, Africa serta New zaeland.

Landak mini yang banyak kita jumpai di Indonesia datang dari Genus Ateleri yang dimaksud African Pygmy Hedgehog dari Afrika Tengah. Ada juga yang disebut kombinasi atau persilangan pada ” White-Bellied ” (Atelerix albiventris) serta ” Algerian ” (Atelerix algirus).

Ciri khas fisik landak mini

Ciri khas landak mini yakni badannya yang penuh dengan duri. Duri itu adalah rambut berongga yang keras. Duri ini tak beracun atau berkait seperti duri landak yang sesungguhnya. Duri-duri ini berperan sebagai pertahanan alami lewat cara menggulungkan biri mnyerupai bola hingga semua duri menghadap ke luar. Walau sekian, duri-duri ini tidaklah terlalu sakit bila kita umum memegangnya. Biasanya, landak mini memiliki ukuran 15 – 20 cm dengan berat sekitaran 200 – 600 gr. Landak betina mempunyai ukuran tubuh yang semakin besar dari landak jantan. Bahkan juga, sebagian landak mini dapat berkembang sampai berat 700 – 900 gr.

Rutinitas unik landak mini

Landak mini termasuk hewan nocturnal atau aktif saat malam hari. Pada siang hari, landak mini semakin lebih kerap sembunyikan dianya di beberapa tempat gelap. Rutinitas unik landak mini yang lain yakni sukai menjilat. Terlebih di beberapa tempat baru yang belum dikenalnya. Hal semacam ini diakui dikerjakan landak mini untuk menyesuaikan serta meninggalkan jejak bau. Landak mini begitu nyaman ada pada suhu sekitaran 21-27 derajat celcius. Bila suhu kurang dari range itu jadi landak mini dapat alami hibernasi.

Makanan landak mini

Makanan paling utama landak mini yaitu serangga (insektivora) seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman serta serangga yang lain. Diluar itu, landak mini dapat juga mengonsumsi sayuran serta makanan kering seperti makanan anjing serta kucing. Landak mini cukup peka pada susu dalam jumlah banyak. Oleh karenanya, baiknya batasi pemberian susu.

Advertisements
This entry was posted in Binatang, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s